Sunday, January 20, 2013

5 Manfaat Penting Buah Belimbing

Bentuknya unik seperti bintang, buah yang satu ini sangatlah mudah ditemukan di Indonesia. Selain di jual secara komersial di pasar tradisional maupun supermarket, pohon buah belimbing seringpula kita temukan di pekarangan-pekarangan rumah penduduk.

Belimbing, yang kandungan airnya hampir 95% memiliki cita rasa manis dan asam, kulitnya berwarna kuning cerah dan sering di konsumsi sebagai rujak, dibuat juice maupun dipangan begitu saja. Daging buah belimbing kaya akan serat, vitamin C maupun vitamin A.

Meskipun buah ini mudah ditemukan, tapi tahukah kita apa manfaat buah belimbing itu sebenarnya. Inilah 5 manfaat utama buah belimbing berdasarkan tingkat kandungan gizinya:

1. Vitamin C. Belimbing sangat kaya akan vitamin C, yang mana zat ini sangatlah penting sebagai anti oksidan atau zat penghancur kadar racun atau radikal bebas dalam tubuh, menyegarkan kulit, mencegah kanker dan memperkuat tulang dan gigi.

2. Vitamin A. Zat ini baik untuk mencegah maupun memulihkan  gangguan pada penyakit mata maupun rabun.

3. Karena kaya akan serat, buah ini cocok untuk melancarkan pencernaan tubuh. Jadi, ketika kita membuat juice belimbing sebaiknya ampasnya tidak dibuang karena akan mengurangi khasiatnya.

4. Sebagai anti kolesterol, karena belimbing mengandung zat Pektin yang mana zat ini berfungsi untuk mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah hepatitis.

5. Belimbing dapat juga mencegah penyakit infeksi mulut maupun tengorokan.

Itulah 5 manfaat penting buah belimbing. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita-kita. Ayo mari rajin mengkonsumsi buah-buahan dan rasakan manfaatnya.

0 komentar:

Post a Comment

Featured Post

Apple mix Strawberry Juice

Untuk membuat jus apple strawbery berikut bahan-bahannya: (1 porsi gelas jukce) -  Setengah bagian buah apple fuji -  5  buah strawberr...